ABOUT ISLAM

MUSLIMAH

FILM ISLAMI


Oleh : Widia (IAP 2018)

IDENTITAS BUKU
Judul : MELAWAN KEMUSTAHILAN
  Menguji Keimanan, Menjemput Keajaiban
Penulis : Dewa Eka Prayoga
Penerbit : KMO Indonesia
Tahun Terbit : 2018
Tebal buku : xlii + 198 hlm
Dimensi : 15.5 x 23 cm
Reviewer : WIDIA
Tanggal : 11 Maret 2020

Buku “MELAWAN KEMUSTAHILAN” ini ditulis berdasarkan kisah dan pengalaman nyata penulis, yaitu Kang Dewa. Kisah beliau sangat penuh dengan ujian dan cobaan. Bagaimana tidak? Disaat orang lain masih sibuk bersenang-senang dengan temannya; menikmati masa mudanya; mencari jodoh impiannya; meniti karir tertingginya; mengejar cita-cita idamannya; dan lain sebagainya. Namun di usia yang belum genap 30 tahun (masih 27 tahun), Allah telah menurunkan kasih sayang-Nya dan menguji beliau berupa: utang miliaran rupiah 18 hari pasca nikah; dikejar-kejar 645 lebih investor di Indonesia; bolak-balik kantor polisi dan diancam penjara; ancaman pembakaran rumah dan kekerasan; penyakit langka yang hanya mengidap 1:40.000 orang di dunia; dan hal-hal lainnya.
Di saat ujian tersebut ditimpakan kepada beliau, rasanya mustahil untuk bisa selesai. Bayangkan saja: uang di dompet tak lebih dari 100 ribu rupiah; uang di rekening tak lebih dari 1 juta rupiah; seluruh harta dan tabungan habis sehabis-habisnya; kepercayaan dari teman hilang sulit dikembalikan; dan keterbatasan lainnya.
Namun di saat seperti inilah beliau merasa bahwa ini merupakan bagian dari ujian keimanannya terhadap Yang Maha Kuasa. Apakah beliau benar-benar percaya sama Allah? Apakah beliau benar-benar yakin sama Allah? Apakah beliau benar-benar iman sama Allah? Atau malah sebaliknya?
Di saat seperti inilah Allah menyadarkan kang Dewa bahwa boleh saja kita jatuh, bangkrut, dan terburuk, harta boleh hilang, uang boleh hilang, teman boleh hilang, kepercayaan boleh hilang, tapi satu hal yang tak boleh hilang. Apa itu? KEIMANAN KITA PADA ALLAH.
Kalau memang benar-benar yakin, tunjukkan.
Kalau memang benar-benar iman, buktikan.
Selama membaca buku ini, pembaca akan belajar:
Bagaimana mengundang datangnya pertolongan Allah?
Bagaimana menjadi pribadi di atas rata-rata?
Apa yang harus dilakukan saat jatuh, bangkrut, dan terpuruk?
Solusi praktis menuntaskan segala permasalahan hidup.
Amalan sederhana yang berdampak luar biasa bagi kehidupan.
Rahasia mendapatkan KUN-nya Allah.
Rahasia pengungkit rezeki tak terbatas.
Rahasia tembus omset miliaran tiap bulan.
Rahasia lunas utang selunas-lunasnya
Kisah & cerita melawan kemusthailan yang menggetarkan hati
... dan masih banyak lagi.
Di dalam buku ini juga Kang Dewa mengajak kita merenung untuk mempunyai keyakinan baru, yaitu “KEMUSTAHILAN SANGAT BISA KITA LAWAN”. Caranya?
SAFA MARWAH. Kita belajar untuk terus bergerak dengan penuh harap dan tawakkal maksimal.
TONGKAT MUSA. Kita belajar untuk  yakin seyakin-yakinnya bahwa solusi itu dekat. Ada di dalam diri kita, ada di sekitar kita, gak jauh.
DETONATOR KEBAIKAN. Kita belajar untuk terus melakukan kebaikan-kebaikan kecil yang berdampak besar bagi banyak orang. Nolong orang. Bantu orang. Berbagi rezeki dengan orang-orang. Bantu orang lain sebanyak-banyaknya. “Bantu orang lain dahulu, dibantu Allah kemudian.”
SMALL TEST; lewati ujian-ujian kecil dengan penuh keimanan.
DITELAN PAUS; perbanyak taubat dan jauhi maksiat.
SANTAN KELAPA; nikmati saja, sabar dan pasrah total.
SEMANGAT LANGIT; terobsesi dengan akhirat. Jangan terobsesi dengan dunia. Jangan salah fokus ngejar hal-hal yang tidak seharusnya dikejar. Fokus aja sama bekal kematian. Bekal ketemu sama Allah.
Dan yang paling penting adalah TEMBAK SERVERNYA LANGSUNG. Siapa itu? ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA.
Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Besar.
Allah Yang Maha Kaya dan Maha Mengayakan.
Allah Yang Maha Pemaaf dan Maha Penerima Taubat
Jika kita sudah mulai bisa melihat, mendengar, dan merasakan bagaimana keajaiban dan pertolongan Allah itu begitu dekat, benar-benar taat dan mau mendekat pada-Nya. Maka “Kun (jadilah), fayakun (maka jadilah ia).” (QS. Yasin: 82)
Intinya, bagi Allah, tak ada yang mustahil. Kalau KUN, fayakun!
Maka, jangan pernah kehilangan keyakinan. Jangan pernah kehilangan iman. Jangan pernah ngerasa ditinggalin Allah. Jangan pernah ninggalin Allah. Deketin Allah. TEMBAK SERVERNYA LANGSUNG!
So, buku ini RECOMENDED banget untuk sahabat yang sempat kehilangan KEYAKINAN terhadap-Nya, meragukan KEBESARAN-Nya, dan kerapkali MEMPERTANYAKAN ujian yang datang dari-Nya.
Intinya, buku ini mengajak kita untuk sama-sama menyelami sinyal-sinyal dari langit dan pesan-pesan cinta Allah yang seringkali kita lupakan dalam kehidupan. Tentu, dengan memaknainya, diharapkan kita bisa melewati segala ujian dan menyelesaikan setiap permasalahan yang menimpa kita. Aamiin.

No comments:

Post a Comment

BUDAYAKANLAH UNTUK MENULIS KOMENTAR